Kamis, 27 Juni 2013

SEJARAH DESA PANGRUMASAN



Pangrumasan adalah suatu Daerah yang terletak di sebelah selatan dari Kota Garut, adapun Nama Pangrumasan di ambil dari dua suku kata yaitu Pangru kata tersebut diambil dari nama sungai yang bernama Cipangru ada di Pangrumasan kemudian kata Masan yang mempunyai makna keemasan.
Orang-Orang terdahulu yang menghuni Daerah ini meramalkan dan memprediksikan bahwa Pangrumasan kelak kedepannya akan menjadi daerah yang mak,mur dan sejahtera, sesuai dengan nama yang disebutdengan Pangrumasan, dan merupakan persinggahan bagi cucunya kedepan.
Pemuka awal Daerah Pangrumasan  dikelola oleh Desa Singajaya artinya bahwa wilayah Pangrumasan dibawah Pemerintahan Desa Singajaya yang di pimpin oleh Lurah Bintang Singajaya.
Diceritakan sekitar tahun 1891 sampai tahun1901Pangrumasn dibentuk suatu kepunduhan yang dipercayakan sebagai sesepuhnya untuk memimpin wilayah iniadalah Bapak Marjaim beliau juga disebut dengan penghubung pemerintah.
Kebudayaan Masyarakat Pangrumasan yang ada sejak dulu diantaranya: Tradisi ngaruat Lembur, Tradisi ziarah, Tradisi Hajat Tujuh Bulan, dan lain-lain sehingga Pangrumasan bisa disebut kaya dengan budaya dan bertumpu kepada nama yang berarti keemasan, yang telah diwariskan leluhurnya untuk dilanjutkan untuk masa yang akan datang.
Selama lebih kurang 3 tahun yaitu tahun 1905 Daerah Pangrumasan direncanakan akan dibentuk sebuah Desa, dan pada waktu itu dibentuklah sebuah Panitia Pemilihan Kepala Desa untuk menentukan siapa Kepala Desa yang akan menajabat di Pangrumasan, setelah mengadakan pemilihan maka terpilihlah Bapak Marjaim sebagai Kepala Desa Pangrumasan yang awalnya beliau hanya sebagai kepala Dusun di Pangumasan, dan Bapak Ewo Sastradireja sebagai sekdesnya. Sejak itulah yang awalny Pangrumasan yang awalnya sebuah kedusunan , menjadi sebuah Desa.
Selama kepemimpinan Bapak Marjaim banyak kemajuan yang bisa dirasakan oleh pendududk Desa Pangrumasan, diantaranya dibidang Ekonomi,beliau beserta Masyarakat membangun soslokan Cikurutuguntuk mengairi sawah-sawah yang ada di Desa Pangrumasan.

Sekitar tahun 1970 Bapak Marjaim jatuh sakit sehingga pembangunan dan kemajuan Desa Pangrumasan menjadi lumpuh, untuk mengatasi hal tersebut  maka tapuk kepemimpinan Kepala Desa Pangrumasan di ganti oleh Bapak Ewo Sasatradireja ,sejak itulah Desa Pangrumasan semakin lebih maju, beliau sangat menekankan dalam pertanian palawija dan sawah, selain itu beliau membangun jembatan-jembatan di Desa Pangrumasan diantaranya jembatan cibaluk,jembatan cisarua, jembatan cipangru, jembatan citengah selain itu beliau membangun Kantor Kepala Desa, dan membangun solokan Cibaluk.
Tahun demi tahun Desa Pangrumasan semakin maju dan kepemimpinan silih berganti sehingga saat ini yang disebut masa repormasi Pembangunan-Pembangunan yang telah dibuat dan direncanakan. Adapun untuk mengetahui sejarah Pemerintah Desa Pangrumasan dari awal berdirinya sebuah Desa sampai sekarang bisa dilihat pada tabel dibawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar